Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) banyak terdapat di daerah hutan lereng Gunung Lawu. Populasinya kian bertambah banyak. Beberapa di antaranya migrasi ke perkampungan penduduk, yang berjarak kurang lebih 6 KM dari Tawangmangu.

Menurut satu studi perilaku populasi monyet ekor panjang yang dilakukan di Taman Wisata Alam (TWA) Grojogan Sewu Tawangmangu Karanganyar – oleh Alanindra Saputra, Marjono Marjono, Dewi Puspita, Suwarno Suwarno, pada bulan November 2014, menunjukkan bahwa persentase perilaku harian populasi monyet ekor panjang yang diperoleh yaitu: bergerak (35%), grooming (25%), bermain (15%), inaktif (10%), makan (6.8%), agonistik (3.6%), tidur (2.3%), kawin (0.9%), dan bersuara (0.8%).

Salah satu jenis monyet itu kini dipelihara penduduk, bergelantungan di satu pokok pohon di Desa Plumbon. Kebiasaan unik yang dilakukan monyet itu adalah ketika seseorang memberinya makanan. Segera setelah mendapat makanan, monyet itu langsung mengangkat salah satu kaki yang dijepit kedua tangannya, sambil mengangguk-angguk. Mungkin itu tanda ucapan terima kasih karena telah diberi makan.

monyet 2
Seorang anak terlihat sedang memberi makan monyet. (Photogapher: Hartono Rakiman)
monyet 4
Menjaga stamina tubuh dengan berolah-raga. (Photographer: Imantopo Dipo Suksma)
monyet 3
Menikmati sore yang mendung. (Photographer: Imantopo Dipo Suksma)
Advertisements