Sate ayam, sate kambing, atau bahkan sate sapi, sering dijumpai di banyak tempat di Indonesia. Namun, sate kelinci hanya sedikit tempat yang menyajikannya. Di Plumbon, Tawangmangu, sate kelinci dapat dinikmati dengan lezat, di tengah udara sejuk pegunungan.

Adalah Riswan Nurhardiyanto (30 th), meneruskan tradisi menyajikan sate dari kakeknya. Tapi sang kakek tidak menjual sate kelinci, melainkan sate landak di Tawangmangu.  Namun prinsip racikan sate hampir tidak jauh berbeda, yang membedakan adalah pada bumbu celupan yang terbuat dari empon-empon atau rempah-rempah, kecap, gula jawa, garam, dll. Penyajiannya disertai dengan bumbu kacang.

Daging sate kelinci terasa empuk dan gurih, hampir mirip sate ayam. 1 ekor kelinci dapat dibuat menjadi 7 porsi sate kelinci. Segala jenis kelamin sate kelinci enak untuk disantap, jantan atau betina. Minimal usia kelinci yang enak untuk disantap adalah 6 bulan. Pemasok utama kelinci berasal dari Magetan, yang berada di sebelah timur Tawangmangu. Magetan dapat ditempuh melalui jalan tembus Tawangmangu-Magetan yang berada di lereng gunung Lawu.

Pada saat hari libur, ayah dari 1 anak usia balita ini,  sanggup menjual lebih dari 10 porsi. Pada hari kerja, atau hari sepi, sehari paling banyak sanggup menjual 5 porsi saja.  Jenis penyajian yang paling laris adalah rica-rica kelinci yang terasa pedas.  Beberapa orang menyukai otak kelinci sebagai sarana hormon kesuburan untuk mendapatkan keturunan. Penyajian otak kelinci dapat dikonsumsi dengan air kelapa hijau atau dengan telor.

Bersama istrinya yang kini sedang mengandung anak keduanya, mereka siap melayani pelanggan, bahkan pada saat warungnya sudah tutup. Rumah mereka berada persis di belakang warung yang terletak di samping kanan jalan raya Solo-Tawangmangu. Di belakang rumah mereka terhampar kebun salak seluas 2 hektar milik orang tua mereka.

sate-1
Silahkan mampir di Sate Kelinci “Sido Dadi” Desa Plumbon, Tawangmangu. (Photographer: Hartono Rakiman)
sate-5
Inilah sosok Riswan Nurhardiyanto. (Photograper: Hartono Rakiman)
sate-3
Porsi sate kelinci dengan nasi. Pilihan minuman wedang jahe, yang hangat ditubuh. (Photographer: Hartono Rakiman)
sate-4
Bumbu celupan yang membedakan dengan sate jenis lain. (Photographer: Hartono Rakiman)
sate-2
Daftar menu dengan harga yang terjangkau (harga pada tahun 2016). (Photographer: Hartono Rakiman)
Advertisements